Dec 12, 2012


PEKANBARU (RP) - Wewenang  camat akan ditambah. Ke depan, camat akan memiliki wewenang penuh untuk memberikan rekomendasi tempat keramaian.

Tidak hanya itu, camat juga berhak memberikan rekomendasi atas pendirian rumah ibadah, pendirian dan pengoperasian sekolah swasta.

Penambahan kewenangan itu, dikatakan Wali Kota Pekanbaru H Firdaus ST MT untuk mempermudah birokrasi pembangunan yang ada di Kota Pekanbaru. Dan untuk melegalkan hal tersebut, sebuah tim sedang menyiapkan draf Peraturan Walikota (Perwako) terkait pelimpahan wewenang tersebut.

‘’Perizinan tetap dilaksanakan dengan satu atap di Badan Pelayanan terpadu (BPT). Tapi ada beberapa perizinan yang kemungkinan bisa diterapkan di kecamatan. Sementara ini untuk mempermudah kerja Pemko dalam hal ini kepala daerah, ada beberapa rekomendasi yang berhak dilakukan camat. Di antaranya rekomendasi tempat keramaian dan pembangunan tempat ibadah,’’ terang Wako kepada Riau Pos, Selasa (11/12) di Kantor Wali Kota Pekanbaru.

Dijelaskannya, pendelegasian tersebut dilakukan agar camat bisa melakukan kontrol lingkungan. Pasalnya, camat lebih mengenal wilayahnya dibandingkan kepala daerah.

Di antaranya pendirian sekolah swasta, rumah ibadah, tempat keramaian yang layak sehingga tidak mengganggu aktivitas dan kenyamanan masyarakat.

Meski begitu, Firdaus juga mengingatkan pendelegasian tersebut bukan berarti camat bisa sewenang-wenang mengeluarkan rekomendasi tanpa melihat kondisi lapangan yang bisa mengakibatkan hal lainnya.(eko)
Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Blogroll

BTemplates.com

Categories

statistics

Powered by Blogger.

Blogger templates

Popular Posts

Blog Archive